Jokowi Sudah Menyusun Nama-nama Menteri Untuk Kabinet Periode Keduanya

0
112
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyusun kabinet untuk pemerintahannya di periode kedua 2019-2024. Dalam waktu dekat Jokowi akan mengumumkannya.

“Secepatnya (diumumkan),” demikian katanya kepada wartawan di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Jokowi juga mengatakan sudah mengantongi nama-nama calon menteri. Kriteria yang akan menjadi menteri juga sudah dibahasnya.

“Sudah (ada namanya),” jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengatakan perkiraan komposisi kabinetnya nanti akan berkisar imbang antara profesional dan dari partai politik.

“Ya kira-kira 60:40 atau 50:50. Kira-kira itu,” ujarnya.

Jokowi mengaku segera mengumumkan nama-nama menterinya itu. Namun dia belum memastikan kapan pengumumannya.

Sekilas Jokowi menyinggung sedikit soal ‘jatah’ Menteri yang diminta Pimpinan Partai pendukungnya. Seperti PKB menyodorkan 10 nama Menteri. Kemudian Nasdem yang menyodorkan 11 nama dan Golkar mengajukan 4 nama calon menteri.

“Tidak apa-apa minta 10, 9 atau 11 tidak apa-apa. Namanya minta,” tutur Jokowi.

Jokowi juga menegaskan akan ada Menteri dari kalangan muda. Kemudian, kalangan profesional juga akan mengisi jajaran kabinet baru tersebut.

“Profesional juga ada, kalau dari partai tidak ada kita cari sendiri. Kan ada banyak profesional-profesional muda,” tegas Jokowi.

Saat ditanya wartawan apakah ada Menteri yang dipertahankan?  Jokowi bilang, “Banyak.”

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here