Pemandu Wisata Ilegal Asal Rusia Buat Resah Pemandu Wisata Lokal Bali

0
169
Foto : baligetaway.co.id

Jakarta, namalonews.com – Beberapa tahun kebelakang banyak sekali turis asal Rusia yang berkunjung ke bali dan terus meningkat setiap tahunnya, dan banyak diantara para turis yang menjadi pemandu wisata ilegal.

Keberadaan para pemandu ilegal tersenut membuat resah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali. Sebab, selain mengancam tenaga kerja lokal, para guide ilegal ini juga menjual paket liburan tidak sesuai harga pasar.

“Terkait dengan persoalan WNA Rusia yang menjadi guide ilegal di bali itu jadi atensi DPD HPI Bali. Masalahnya 4 hal sebenarnya pertama persoalan penjualan produk Bali ini ke wisatawan Rusia itu semaunya mereka, jadi kadang mereka menjual sangat murah kadang-kadang menjual produk-produk destinasi di bali semaunya udelnya orang asing ini,” kata Ketua DPD HPI Bali Nyoman Nuarta, Jumat (12/7/2019).

Nurman Nuarta juga merasa khawatir pemberian informasi adat dan budaya Bali ini tak disampaikan dengan benar. Sehingga bakal berdampak pada citra pariwisata Bali di mata turis-turis mancanegara.

“Kedua terkait pemberian informasi ini karena mereka nggak paham budaya tapi ketika mereka menjelaskan wisatawan Rusia apakah disampaikan, kalau disampaikan sesuai konstruksi budaya bali. Ketiga pajak mereka cari pekerjaan di sini mencari nafkah tanpa menyetorkan pajak kepada pemerintah, dan keempat mengambil kesempatan kerja anggota kami yang berbahasa Rusia,” jelasnya.

Nuarta menjelaskan keberadaan guide ilegal ini sudah ada sejak marak tamu Rusia liburan ke Pulau Dewata. Dia menegaskan keberadaan para guide ilegal ini menyalahi perda Bali tentang pramuwisata yang salah satu syaratnya mewajibkan berkewarganegaraan Indonesia.

Penuli : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here