Mencari Anjing Hilang Lewat Perangkat Ponsel

0
49
Foto : wdbj7.com

Jakarta, namalonews.com – Teknologi perangkat ponsel saat ini sudah mengalami kemajuan yang pesat. Sekarang alat komunikasi tersebut bisa juga untuk melacak keberadaan hewan yang hilang.

Sebuah perusahaan rintisan atau startup artificial intelligence (AI) asal Cina, Megvii, sedang mengembangkan teknologi perangkat lunak di luar manusia untuk mengenali berbagai wajah hewan peliharaan.

Program baru Megvii tersebut difokuskan untuk mengenali anjing lewat ‘sidik jari’, sebagaimana manusia yang memiliki sidik jari unik.

Melalui aplikasi Megvii, seseorang dapat mendaftarkan anjing peliharaannya hanya dengan memindai moncong (hidung) dengan kamera ponsel.

Sama halnya mendaftarkan sidik jari manusia untuk membuka kunci biometric lewat ponsel, aplikasi ini juga meminta konsumen untuk mengambil foto hidung anjingnya dari berbagai sudut.

Aplikasi Megvii memiliki tingkat akurasi 95 persen dan telah menemukan kembali 15 ribu hewan peliharaan yang hilang.

Pengenalan wajah untuk mencari hewan peliharaan yang hilang menjadi lebih luas selama beberapa tahun terakhir. Konsep ini telah digunakan oleh para peneliti untuk konservasi satwa liar.

Selain Cina, di Amerika Serikat ada aplikasi bernama Finding Rover yang juga menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menemukan kucing dan anjing yang dilaporkan hilang.

Namun di negeri Panda ini Megvii akan digunakan untuk lebih dari sekadar menyatukan kembali pemilik dengan hewan peliharaan mereka yang hilang.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here