Wooow…. Nikmatnya Menu Indonesia yang Mendunia

0
147
Foto : masakapahariini.com

Jakarta, namalonews.com – “Dalam rangka melakukan wisata tidak selalu harus mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan keindahan alam atau budaya saja. Namun perlu juga kita tahu tentang beranekanya masakan daerah tujuan wisata. Indonesia yang notabene kaya akan budaya dan suku bangsa, menu makanan di Nusantara pun kaya dan bahkan telah mendunia. Tentunya suatu kebanggaan tersendiri. Menu Nusantara banyak dikenal di antero dunia internasional.”

  1. GUDEG YOGYAKARTA

Selain sebagai predikat kota pelajar ternyata Yogyakarta sangat terkenal dengan kota saratnya budaya dan menu kuliner. Budaya yang beraneka ragam dan juga kuliner yang bermacam-macam, seperti gudeg membawa Indonesia khususnya kota Yogyakarta dirambah dunia internasional akan ketenarannya. Kehadiran dan ketenarannya tentang gudeg sudah puluhan tahun lalu. Gudeg telah menjadi kuliner dan ikon kota Yogja yang paling populer. Bukan saja sebagai basis gudeg, namun hampir setiap sudut kota menyajikan masakan yang berbahan baku nangka muda ini. Karena kenikmatan rasa yang disuguhkan gudeg pun menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari dan menjadi khas dari Yogyakarta.Termasuk penyajiannya yang berkadaluwarsa tinggi dengan kemasan cantiknya yang higeinis berkaleng.

  1. NASI GORENG

Jenis makanan ini sangat beraroma khas dengan kenikmatan rasa yang tinggi. Nasi goreng baik di dalam negeri maupun di manca negara sudah terkenal akan keberadaannya. Namun nasi goreng asal Indonesia saja yang rupanya bisa memikat lidah para pecinta kuliner dunia dan mempercayainya. Tentunya nasi goreng dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Dengan beraneka asal bumbu maupun rempah-rempah ini justru yang menjadikan nasi goreng dengan kekhasannya.Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga.Tidak itu saja, pengaruh budaya etnik asing bawaan yang berkunjung  ke negara tersebut. Belum lama ini bahkan saat Presiden Amerika, Barack Obama berkunjung ke Indonesia beliau sempat mencicipi dan tertarik sekali dengan cita rasa Nasi Goreng khas Indonesia.

  1. BAKSO

Beda lagi, jenis makanan yang satu ini dari segi bentuk fisiknya unik memang. Yaitu bakso atau baso sebutannya. Makanan ini merupakan sejenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bahan baku bakso umumnya berasal dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Namun tidak semuanya begitu, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Semata dari bahan yang berlainan untuk menciptakan kekhasan cita rasa. Praktik penyajiannya, biasanya bakso disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga.

  1. NASI KUNING

Makanan ini lebih bersifat sedikit legendatif dan historis yaitu nasi kuning. Makanan jenis ini adalah makanan khas Indonesia yang mudah kita temukan. Makanan ini berbahan baku terbuat dari beras, kunyit, santan, maupun rempah-rempah. Awal mulanya kita menyediakan beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan sebagai aroma kuatnya, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Merupakan salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Dalam tradisi kebudayaan yang ada di Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan, dan tunangan. Sering juga diperuntukkan pada upacara kuningan yang sudah melegenda.

  1. SATE LILIT

Siapa yang tidak tahu dengan sate lilit. Jenis makanan sate yang satu ini memang memiliki banyak keistimewaan. Di antaranya selain memang tusukannya yang berbahan baku dari batang serai yang sengaja bertujuan untuk menambah sedap aromanya, jenis sate ini juga  dibuat dari daging ikan yang dicincang halus. Cincangan daging tersebut selanjutnya  dibumbui dan dililitkan ke batang serai. Unik memang, namun sate lilit ini semerbak dengan bumbu dan dicampur dengan parutan kelapa. Kehadirannya akan ciptakan aroma rasa yang tentunya sangat menggoda dan menggugah selera. Belum lagi dengan khas rasa yang pedas wangi dan sedikit gurih dengan tingkat kelezatan yang tinggi akan menyempurnakan kenikmatan berwisata kuliner.

  1. RENDANG

Lebih ke daerah asal, jenis makanan lauk pauk yang dinamakan rendang ini merupakan  salah satu masakan tradisional Minangkabau yang terkenal di dunia. Dengan bahan baku yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama ditambah dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya, akan terbentuk jenis lauk pauk yang banyak diminati orang ini. Masakan dengan cita rasa yang pedas ini bahkan sangat digemari oleh seluruh kalangan masyarakat. Tidak susah memang untuk menemukan jenis makanan ini karena dengan mudahnya rendang banyak tersedia di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun bahkan banyak dijumpai di kawasan Asia dan Eropa.

  1. GADO-GADO

Siapa yang tidak tahu makanan ini. Makanan ini mudah kita temukan dan lebih familiar di kehidupan kita. Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa. Makanan ini terbuat dari bahan baku  yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan kemudian disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Maupun sedikit emping goreng atau kerupuk. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong. Rasanya yang menggoda dengan formasi vegetarian jenis makanan ini cocok di segala cuaca dan suasana.

Penulis & Editor: Sulis Sutrisna, S.Pd., S.E., M.M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here