FBI Diminta Untuk Investigasi Aplikasi FaceApp yang Sedang Viral

0
51
Foto : fortune.com

Jakarta, namalonews.com – Beberapa hari yang lalu netize di seluruh dunia banyak yang mengunggah foto yang terlihat jauh lebih tua dari sebenarnya di sosial media, foto tersebut telah menggunakan efek dari aplikasi FaceApp.

Maraknya penggunaan aplikasi FaceApp ini membuat pemerintah Amerika Serikat resah terhadap privasi data pengguna yang bersangkutan. Senator Amerika Serikat Chuck Schumer bahkan meminta Biro Investigasi Federal (FBI) dan Komisi Perdagangan AS (FTC) untuk melakukan investigasi terhadap aplikasi tersebut.

Kekhawatiran Schumer didasarkan pada negara asal sang aplikasi. FaceApp dikembangkan oleh perusahaan asal Rusia bernama Wireless Lab.

Foto : fortune.com

“Saya meminta FBI untuk melihat apakah data pribadi yang diunggah oleh jutaan orang di AS ke FaceApp akan berpindah tangan ke pemerintah Rusia, atau entitas yang terafiliasi dengan pemerintah Rusia,” tulis Schumer di Twitter.

Schumer juga menilai ketentuan layanan FaceApp yang bisa mengelabui pengguna soal keamanan data pribadi yang dikumpulkan dan siapa saja yang bisa mengaksesnya.

“Saya punya kekhawatiran serius soal perlindungan data yang dikumpulkan dan apakah user menyadari siapa yang mungkin mengaksesnya,”tutupnya.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here