Lelang Rekaman Asli Misi Apollo 11 di Bulan Seharga Rp 13,96 Triliun

0
62
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Perusahaan pelelangan Sotheby akan melelang rekaman asli dari misi Apollo 11 di bulan pada hari Sabtu (20/7/2019).

Pelelangan ini bertepatan dengan dengan peringatan 50 tahun misi Apollo 11 di bulan dan diperkirakan akan memiliki nilai lebih dari 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 13,96 triliun.

Lelang Sotheby tersebut berupa tiga kaset video Quadruplex 2 inci generasi pertama yang berisi total 2 jam dan 24 menit dalam misi ruang angkasa yang bersejarah.

Foto : ist

Kaset-kaset tersebut mencakup saat Neil Armstrong melangkah keluar dari pendaratan bulan dan mengucapkan kalimat bersejarahnya.

Juga panggilan telepon jarak jauh yang dilakukan para astronot dengan Presiden Richard Nixon. Mereka juga menunjukkan bendera Amerika ditancapkan di bulan.

Menurut Sotheby, rekaman itu adalah satu-satunya rekaman generasi pertama dari peristiwa yang dibuat oleh NASA. Barang tersebut dibeli oleh karyawan magang Gary George senilai 217,77 dolar AS atau kisaran Rp 3,04 juta yang di lelang surplus pemerintah (1976).

Selain kaset, barang yang ikut dilelang berisi banyak artefak ruang angkasa lainnya. Termasuk sepasang sepatu bot dari baju ruang angkasa Neil Armstrong.

Penulis : Gus Anto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here