Pemprov DKI Jakarta Gelar Lebaran Betawi di Monas

0
129
Foto : tirto.id/Arimacs Wilander

Jakarta, namalonews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar agenda tahunan Lebaran Betawi ke -12 bekerja sama dengan Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi).

Lebaran Betawi ke-12 ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 19 – 21 Juli 2019  di Lapangan Silang Monas Barat Daya.

Wakil Ketua Umum I Bamus Betawi sekaligus Ketua Panitia Lebaran Betawi Ke-12, M Rifqi mengatakan, pemilihan Monas sebagai lokasi pelaksanaan dianggap bukan saja sebagai simbol kota Jakarta, namun simbol nasional.

“Lebaran Betawi merupakan spirit ajang silaturahmi dari pemerintah dengan warganya, dengan masyarakat Betawi atau Bamus Betawi sebagai perekatnya. Maka melalui momentum ini kami ingin mengajak warga Jakarta agar dapat kembali bersatu dan berjabat tangan,” ujar Rifqi dalam keterangannya, Kamis (18/7/2019).

Foto : Antara/Muhammad Adimaja

Lebaran Betawi ke-12 kali ini mengusung tema ‘Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia’. Lebaran Betawi merupakan acara tahunan usai Idul Fitri sebagai ajang silaturahim antarwarga Jakarta.

Pada hari pertama (19/7/2019), Lebaran Betawi ini akan dibuka pada pukul 19.00 WIB, yang diisi pembacaan doa hingga Shohibul Hikayat.

Kemudian pada hari kedua, acara akan dimulai dari pukul 08.00 WIB yang dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan khas Betawi, seperti Tanjidor, Gambus, Marawis, Palang Pintu, Tarian Betawi, Atraksi Silat Betawi, Gambang Kromong, hingga Lenong.

Sedangkan rangkaian acara pada hari terakhir akan dimulai pukul 06.00 WIB dengan karnaval sorendo-rendo yang menjadi acara puncak Lebaran Betawi.

Sorendo-rendo merupakan karnaval budaya nusantara yang rencananya diikuti sekitar 2.000 peserta dari lima kota dan satu kabupaten di Jakarta. Peserta parade akan memakai baju adat khas nusantara.

Mereka akan berjalan kaki mulai dari Balai Kota DKI Jakarta, berputar di Bundaran Air Mancur Patung Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas.

Pada hari terakhir ini juga dimeriahkan oleh tanjidor, ondel-ondel, keroncong betawi, palang pintu, tarian garapan, silat kolosal, permainan tradisional anak-anak, gambang kromong, samrah betawi, qosidah, gambus, dan band betawi.

Untuk mendukung jalannya acara ini, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta telah melakukan sejumlah upaya meminimalisasi kemacetan dan memudahkan transportasi menuju lokasi acara.

Pada 20 -21 Juli 2019, panitia bekerja sama dengan PT Transjakarta menyediakan 5.000 tiket gratis bagi para pengguna bus yang akan menuju lokasi pelaksanaan Lebaran Betawi di Monas.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here