Warisan Berharga Milik Soeharto Diserahkan ke Negara

0
54
Foto : Kabarnusa.com

Jakarta, namalonews.com – Keluarga Cendana menyerahkan warisan Soeharto berupa arsip dan dokumen tentang perjalanan Presiden ke-2 RI Soeharto dan Siti Hartinah alias Tien Soeharto kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Arsip-arsip tersebut diserahkan pihak keluarga, yang diwakili putri Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut kepada Plt. Kepala ANRI, Sumharyadi di ruang serba guna Noerhadi Magetsari lantai 2 ANRI, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

Warisan berupa arsip dan dokumen milik mantan Presiden RI tersebut terdiri dari 19 roll microfilm yang berisi pidato Soeharto berikut dengan daftarnya, 10 roll microfilm pidato Ibu Tien Soeharto beserta daftar dan naskah pidatonya.

Kemudian juga 10 roll microfilm kumpulan risalah sidang kabinet periode tahun 1967-1998. Lalu Proklamasi integrasi Balibo, yang mendeskripsikan tekad rakyat Timor Timur untuk bersatu dengan Indonesia tahun 1976 beserta daftarnya.

Foto : Kabarnusa.com

Arsip lainnya berupa satu album foto yang terdiri dari 91 lembar foto yang merekam kegiatan Soeharto berikut compact disc-nya.

Selain menyerahkan arsip, pihak keluarga juga meminjamkan satu unit alat baca microfilm yaitu microreader kepada ANRI.

“Dengan diserahkannya arsip-arsip ini kepada ANRI, maka arsip-arsip tersebut akan terpelihara sebaik-baiknya serta akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang memerlukannya,” demikian kata Mbak Tutut.

Lanjutnya, ayahandanya tercinta Soeharto dalam selama hidup beliau telah berusaha meletakkan pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam semua aspek kehidupan.

“Sudah barang tentu sebagai pribadi almarhum memiliki ciri khas sendiri selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia,” ujar Tutut.

Penulis : Agus Yanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here