Microsoft Investasikan Rp 14 Triliun Ke OpenAI Untuk Membuat Kecerdasan Buatan

0
46
Foto : datacenterknowledge.com

Jakarta, namalonews.com – OpenAI adalah sebuah pusat riset kecerdasan buatan yang didirikan oleh Elon Musk, mendapatkan dana sebesar Rp 14 Triliun dari Microsoft.

Dana tersebut difokuskan untuk menciptakan sebuah artificial general intelegence (AGI). Suntikan dana ini sekaligus membuat Microsoft menjadi penyedia layanan cloud computing satu-satunya bagi OpenAI.

Untuk informasi, AGI adalah sebuah kecerdasan buatan yang berfungsi layaknya manusia. Yaitu bisa menyelesaikan bermacam tugas berbeda, tak seperti AI yang ada saat ini yang hanya bisa menyelesaikan satu tugas khusus.

“Penciptaan AGI akan menjadi perkembangan teknologi paling penting dalam sejarah manusia. Misi kami untuk memastikan kalau teknologi AGI bisa menguntungkan untuk kemanusiaan dan kami bekerja bersama Microsoft untuk membuat komputasi super yang akan menjadi pondasi untuk membangun AGI,” ujar Sam Altman, salah satu pendiri OpenAI.

Kedua perusahaan ini nantinya akan bekerja sama untuk mengembangkan teknologi yang baru. OpenAI akan melisensikan beberapa teknologi mereka ke Microsoft untuk dikomersilkan.

OpenAI berdiri sejak 2015 dengan tujuan awalnya adalah menyaingi fasilitas riset dan pengembangan kelas atas milik perusahaan seperti Google dan Amazon, sambil tetap mengembangkan AI.

Namaum pada 2019 mereka membutuhkan dana tambahan untuk melanjutkan riset mereka. Untuk keperluan itulah mereka mendirikan perusahaan baru untuk mencari suntikan dana dari perusahaan lain.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here