‘Bambu Hoki’ yang Memberikan Hoki Bagi Petani

0
568
Foto : dekoruma

Jakarta, namalonews.com – Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Liferdi Lukman melepas ekspor bunga Suji Dracaena menuju negara Asia dan Eropa, Jumat (2/8/2019).

Pelepasan ini digelar Kementan di rumah Poktan (kelompok tani) Alamanda di kawasan Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat.

“Sementara ini, kita hanya melepas ke negara Rusia 1,3 ton, dan ke Oman 1,3 ton. Tapi sebelumnya kita juga sudah melepas ke negara Dubai, Qatar, Cina, Vietnam, Malaysia dan negara-negara lain di Benua Amerika,” ujar Liferdi.

Liferdi mengatakan bahwa potensi bisnis bunga Suji masih terbuka lebar. Terlebih, Indonesia adalah negara agraris penghasil Dracaena berkualitas tinggi karena memiliki ketahanan yang cukup lama dan memiliki bentuk warna unik pada bagian daun dan batang.

Foto : wikiwow

Dracena, juga kerap disebut lucky bamboo (bambu hoki) oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Namun ternyata tanaman hias tersebut juga telah memberikan “Hoki” (artinya ‘untung’ dalam Bahasa Hokkien) bagi petani.

Berkat tanaman tersebut, petani mendapatkan keuntungan dari usaha taninya. Bahkan kini bambu hoki telah menembus pasar Asia, Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

Bambu hoki, yang juga populer sebagai tanaman pita (ribbon plant), atau Dracaena sanderiana sebenarnya bukanlah tanaman bambu. Tanaman hias ini termasuk keluarga lily yang habitat aslinya adalah daerah hutan tropis, hidup di bawah naungan yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Pohon ini tergolong tanaman yang indah, mirip bambu yang sebenarnya, dan juga mudah tumbuh meski di dalam ruangan.  Merawatnya relatif mudah karena tanaman yang keras ini tidak butuh banyak perawatan. Bahkan bisa mendatangkan rezeki bagi yang menanamnya.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here