Ulos Tonunan Taput Melirik Pasar Eropa

0
180
Foto : palapapos.com

Jakarta, namalonews.com – Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, bukan hanya memiliki keindahan alam yang terkenal ke mancanegara. Wilayah ini juga terkenal dengan hasil kerajinan kain Ulos Tonunan.

Bahan kain Ulos Tonunan Taput semakin diminati orang. Kain ini sangat cocok dikombinasikan sebagai bahan ‘ready to wear’ seperti jaket dan kemeja.

Seorang desainer kenamaan Indonesia, Arity Arka, mencoba melirik pasar potensial Eropa. Hasil rancangannya akan diperkenalkan di Eropa, yaitu di Bratislava Mercedes Benz Fashion Week yang akan digelar September mendatang.

Desainer ini sebelumnya pernah tampil di pentas Indonesian Fashion Week tahun lalu dengan menampilkan pewarna alam Muara. Kini dia sengaja datang ke Tapanuli Utara memburu Out Fit untuk dipadukan dengan desain baju ready to wear.

“Saya sangat tertarik dengan Ulos Taput karena hand made dan juga warnanya yang eksotis sangat cocok dengan keinginan pasar,” katanya saat memilah Ulos di Galery Dekranasda, Sabtu (3/8/2019).

“Saya ingin memadukan campuran warna alam karena ramah lingkungan dan juga ingin memberdayakan industri kreatif,” tambahnya.

Arity Arka mengungkapkan, kehadirannya di fashion show di negara Eropa itu  merupakan undangan Kedubes Indonesia. Sedangkan thema Fashion yang diusungnya nanti adalah‘Harmoni Bumi’.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Satika Simamora merasa sangat senang Tonunan Taput bisa jadi bahan baku karya Arity Arka yang akan ditampilkan di ajang Fashion Show Eropa.

“Inilah kebangkitan industri kreatif Taput. Ulos kita sudah dibidik karena cocok untuk pasar Internasional,” katanya.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here