Nikson Nababan : Kopi Produksi Taput Harus Segera Dipatenkan

0
129
Foto : Palapapos.com

Jakarta, namalonews.com – Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ari Juliano Gema, berkunjung ke Tapanuli Utara (Taput) sekaligus membuka sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran indikasi geografis Kopi Arabika.

Kegiatan yang digagas Badan Ekonomi Kreatif ini juga dihadiri oleh pemeriksa indikasi geografis Kemenhumkam dan tim ahli.

Dalam kesempatan tersebut Ari Juliano Gema mengatakan kopi produksi Taput akan memasuki tahap lisensi. Katanya, hal itu sesuai dengan permohonan yang disampaikan Bupati Taput Nikson Nababan, agar kopi yang diproduksi di daerahnya dapat dipatenkan.

Sementara itu, Bupati Taput Nikson Nababan yang menyambut kedatangan Ari Juliano juga mengundang Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG), petani kopi, pengusaha dan pemerhati kopi di rumah dinasnya, Selasa (6/8/2019).

Foto : Palapapos.com

Nikson berharap agar Kopi Taput memiliki lisensi, karena kopi asal Taput sudah dikenal sampai luar negeri dan menjadi bahan baku utama bagi Starbucks.

“Semoga dengan adanya lisensi, nantinya akan semakin meningkatkan pendapatan para petani dan penggiat kopi,” katanya.

Lebih jauh, Nikson berharap, dengan turunnya tim penilai ini, Kopi Taput akan memperoleh lisensi Indikasi Geografis Kopi Arabika.

“Tahun depan kita juga rencanakan penanaman satu juta kopi yang akan dikelola BUMDes sebagai upaya pengembangan kopi Taput,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nikson juga memperkenalkan beberapa produk lokal asal Taput yang sudah dikenal masyarakat luas seperti tenun ulos, protio serta wine coffee.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here