Ford GT40 Langka Ini Siap Dilelang, Ditaksir Laku Rp128 Miliar

0
73
Foto : Carscoops

Jakarta, namalonews.com – Kendaraan roda empat yang merupakan prototipe Ford GT40 Roadster akan dilelang RM Sotheby dalam ajang Monterey Car Week 2019, pertengahan Agustus mendatang. Perusahaan Ford sendiri hanya memproduksi 12 prototipe GT40.

Informasi yang dikutip dari Carscoops, Kamis (8/8/2019), dari jumlah GT 40 yang diproduksi tersebut, tujuh unit diantaranya adalah model hardtop, sedangkan lima sisanya roadsters.

Mobil langka ini adalah yang pertama dari lima yang dibangun dengan Nomor Sasis GT/108. Kendaraan ini sekarang menjadi barang antik dan banyak diinginkan orang.

Foto : Carscoops

Ford GT40 Roadster ini diproduksi pada Maret 1965 dan diluncurkan di pabrik Ford Advanced Vehicle, Slough, Inggris. Menggunakan mesin Cobra-spec Ford 289 yang dipadukan dengan transaxle Colotti T-37.

Usai melakukan uji kendaraan di Silverstone, mobil ini kemudian diekspor ke Shelby American dan dikirim ke dealer Shelby di Venice, California.  Kendaraan Ford GT40 Roadster tersebut sempat dipamerkan dalam rangkaian acara selama beberapa bulan.

Kemudian pada bulan Mei tahun1965, mobil ini sempat dikendarai pembalap Tim Shelby, Ken Miles untuk sejumlah demonstrasi di Laguna Seca.

Selanjutnya pada Juni, Carroll Shelby membawa Henry Ford II untuk mengendarai mobil di tempat yang diyakini sebagai pengalaman satu-satunya direktur Ford dalam balapan. Ini penting karena Henry Ford II yang menginvestasikan sejumlah besar uang ke dalam proyek GT40 ini.

Foto : Carscoops

Pada tahun yang sama, mobil ini sempat menjadi tunggangan legenda Formula 1 Jim Clark untuk beberapa putaran selama Grand Prix Amerika Serikat di Watkins Glen. Sejak itu, GT40 ini telah melewati sejumlah pemilik.

Selang beberapa tahun kemudian,tahun 1983, mobil tersebut menjalani pemulihan mekanis yang komprehensif.  Selama dua dekade, pada 2003, Ford GT kembali mendapat penyegaran secara mekanis.

Dalam rangkaian sejarahnya, Ford GT40 pernah dipajang di berbagai acara termasuk Pebble Beach Concours d’Elegance 2003, Quail Motorsports Gathering 2010, dan Amelia Island Concours d’Elegance 2013.

Perkiraan pra-pelelangan prototipe Ford GT40 Roadster 1965 ini dapat terjual hingga 9 juta dolar AS, atau sekitar Rp128 miliar.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here