Wanita Diizinkan Bertelanjang Dada di Kolam Renang Barcelona

0
77
Foto : Kabar.news

Jakarta, namalonews.com – Mungkin sebagian pengelola kolam renang di dunia membatasi pengunjungnya agar tidak bertelanjang saat berenang. Namun di Barcelona, kota kedua terbesar di Spanyol, justru malah sebaliknya.

Dewan kota Barcelona memutuskan untuk membolehkan wanita bertelanjang dada berenang di semua kolam renang di kota itu.

Peraturan baru yang dikeluarkan tersebut untuk merespons keluhan Mugrons Lliures, kelompok yang mengkampanyekan melawan diskriminasi jender.

Kelompok ini mengkritik aturan Barcelona yang dianggap tidak konsisten dalam membuat aturan tentang wanita bertelanjang dada hanya di kolam renang tertentu saja.

Foto : Elpais.com

Kritikan tersebut membuat Dewan kota Barcelona segera melakukan penyelidikan. Hasilnya yang dirilis pada akhir Juni lalu yang menyebutkan sejumlah kolam renang memberlakukan peraturan yang menjadi hak perempuan di area tertentu.

Dewan kota kemudian menyatakan untuk menolak diskriminasi dengan mengirimkan laporan hasil penyelidikannya ke semua kolam renang di Barcelona.

Peraturan baru tersebut meminta semua pengelola kolam renang di Barcelona untuk memberikan jaminan kesetaraan dan tidak melarang wanita bertelanjang dada untuk berenang di kolam renang.

Menurut juru bicara Dewan Kota Barcelona kepada CNN, memang tidak ada aturan tertulis mengatur pakaian yang dikenakan di kolam renang kota. Namun, diskriminasi memang jender dilarang.

“Di kebanyakan kolam renang kota, telah sepenuhnya normal bagi wanita terkadang pergi tanpa penutup dada. Ini bukan inisiatif baru,” kata juru bicara tersebut.

Penulis : Gus Anto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here