Siswa Indonesia Raih Medali di International Olympiad in Informatics (IOI) 2019

0
55
Foto : Ist

Jakarta, namalonews.com – Empat siswa SMA Indonesia berhasil merebut medali emas pada ajang Olimpiade Informatika Internasional atau International Olympiad in Informatics (IOI) ke-31yang digelar di Baku, Azerbaijan, pada 4-11 Agustus 2019.

Keempatnya adalah Abdul Malik Nurrokhman (SMA Semesta BBS Semarang, Jawa Tengah), Vincent Ling (SMA Pribadi Bandung, Jawa Barat), Fausta Anugerah Dianparama (SMA Negeri 1 Yogyakarta), serta Moses Mayer (SMA Jakarta Intercultural School).

Bersaing dengan 323 peserta lain dari 87 negara, tim Indonesia berhasil meraih 1 medali emas (diraih Amnu), 2 medali perak (Fausta dan Vincent), dan 1 medali perunggu (Moses Mayer).

Perolehan medali tersebut menempatkan Indonesia pada posisi ranking juara ke-10, mengalahkan Negara-negara lain, seperti Singapura, Kanada, atau Australia.

Selain meraih medali, tim olimpiade matematika Indonesia ini  juga sempat memperkenalkan budaya Indonesia dengan bermain angklung pada acara Malam Budaya IOI.

IOI merupakan olimpiade sains di bidang informatika (khususnya pemrograman) yang diselenggarakan setiap tahun. Ajang bergengsi ini pada tahun 2019 memasuki tahun ke-31.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here