Masjid Digital Pertama Di Wonosobo, Arahkan Anak Gunakan Internet Sehat

0
58
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Masjid Al-Anwar Desa Gondang, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, selalu ramai di kunjungi anak-anak.

Masjid digital ini dibuat berkat kerja sama Badan Takmir Masjid Al-Anwar dengan BPC HIPMI Wonosobo, PT Asta Brata Tehnologi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Wonosobo.

Takmir Masjid Al-Anwar ini memang berusaha mendekatkan anak-anak ke tempat ibadah. Masjid yang baru dilaunching sebagai masjid digital pada April 2019, terbukti menjadi daya tarik baru bagi anak-anak.

Foto : Uje Hartono/detikcom

Ketua takmir Masjid Al-Anwar Godang, Ahmad Riyanto S.Kom mengatakan ide pendirian masjid digital merupakan respon atas perkembangan tehnologi informasi yang begitu pesat di era revolusi 4.0. Di era ini semua aktifitas masyarakat menggunakan perangkat digital.

“Masjid di era milenial tidak hanya sekadar jadi tempat ibadah tapi juga bisa dikembangkan untuk belajar tehnologi informasi bagi jama’ah terutama kaum muda. Saat ini generasi muda tidak ada yang tidak kenal android dan internet”, ujarnya.

Ahmad Riyanto juga mengatakan sejak menjadi masjid digital jumlah jemaah terus meningkat terutama anak-anak. Jika biasanya hanya ditemui 4 sampai 5 jemaah anak, kini bisa sampai 23 jemaah anak.

“Sekarang masjid ini memiliki internet gratis. Jadi saya rasa ini menjadi salah satu daya tarik bagi anak-anak untuk ke masjid,” tuturnya saat ditemui di masjid Al-Anwar, Kamis (15/8/2019) pagi.

Sebagai realisasi dari masjid digital, dikatakan Ahmad Riyanto, takmir masjid menyediakan alat fingerprint (alat absen bagi jama’ah), triger penyala lampu otomatis, fasilitas wifi gratis dan peluncuran website masjiddigitalgondang.com.

“Fingerprint digunakan untuk alat absen bagi jama’ah. Jadi warga yang melaksanakan sholat jama’ah di masjid atau tidak melakukan sholat jama’ah di masjid bisa dicek melalui alat ini. Setiap masuk atau pulang dari masjid jama’ah wajib absen”, tegasnya.

Di masjid selain sholat dan mengaji, pengunjung dapat mengakses internet dan mengetahui aktifitas takmir melalui website yang ada.

Penulis : Murdian Cahyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here