Ingin Saingi Netflix, Layanan TV Apple Keluarkan Dana Rp 71 Triliun

0
74
Foto : Amelia Holowaty Krales / The Verge

Jakarta, namalonews.com – Apple disebut bakal mengeluarkan dana sebesar USD 5 miliar atau setara dengan Rp 71 triliun untuk memproduksi konten video orisinal di layanan TV-nya.

Dikutip dari The Verge, Rabu (21/8/2019), keberanian Apple ini didorong agar bisa bersaing dengan para pemain lama di bidang ini, seperti Netflix, Amazon, Disney, hingga Hulu.

Sebelumnya Apple sudah mengeluarkan dana sebesar USD 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun untuk mantan eksekutif Sony Pictures Television Jamie Erlicht dan Zack Van Amburg untuk memulai platform televisinya itu.

Namun dana yang dikeluarkan itu disebut bakal menggelembung sampai USD 6 miliar saat nanti serial TV buatannya sudah mulai diproduksi.

Salah satu konten yang sudah dipastikan ada ialah drama komedi berjudul ‘The Morning Show’, yang dibintangi sederet bintang Hollywood, seperti Jennifer Aniston, Reese Witherspoon, dan Steve Carrell.

Serial ini saja sudah membebani Apple ratusan juta dolar. Laporan lain menyebutkan Apple mengeluarkan USD 300 juta untuk dua musim pertama dari serial tersebut.

Biaya ini jauh lebih mahal ketimbang biaya per episode dari season terakhir Game of Thrones, yang menelan dana sebesar 15 juta dolar AS per episode dan tercatat sebagai serial TV termahal dalam sejarah.

Sedangkan Netflix diperkirakan sudah mengeluarkan dana lebih dari 14 miliar dolar AS pada 2019 ini, untuk memproduksi konten orisinal mereka. Nilai tersebut juga tidak berbeda jauh dengan dana yang dikeluarkan oleh Amazon, Disney, dan Hulu.

Pihak Apple sendiri masih merahasiakan peluncuran dan biaya per bulan dari layanan video streaming tesebut. Yang dikabarkan bakal mengusung nama Apple TV Plus ini.

Namun layanan ini diperkirakan akan dirilis dalam dua bulan ke depan, tepatnya setelah Apple membuat kantor baru di Culver City, Los Angeles untuk mengatur bisnis TV-nya.

Penulis : Murdian Cahyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here