Didampingi Yenny Wahid, Mahasiswa Papua Ziarah ke Makam Gus Dur

0
55
Foto : nu.or.id

Jakarta, namalonews.com – Mahasiswa Papua yang berada di Jawa Timur berziarah ke makam Presiden Indonesia keempat Gus Dur di Komplek Pesantren Tebuireng Jombang, Rabu (21/8/2019).

Sekitar 14 mahasiswa tersebut berziarah dengan didampingi putri Gus Dur yakni Yenny Wahid.  Sebelum berdoa bersama, mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama.

Mereka terlihat saling berpegangan tangan, sebagai simbol persatuan dan diakhiri doa tahlil dan juga doa dari kepercayaan agama anak Papua sendiri.

Ziarah bersama tersebut berkaitan dengan insiden yang terjadi beberapa waktu lalu. Peristiwa tersebut berpotensi memecah belah persatuan. Oleh karena itu Yenny mengingatkan perlu dilakukan upaya komprehensif agar benang persatuan tetap terjalin utuh.

Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang biasa disapa Yenny Wahid mengatakan, ziarah ke makam Gus Dur tersebut sudah diagendakan bersama dengan mahasiswa Papua sebelumnya.

Bertujuan untuk mengirimkan pesan kepada warga Papua, sekaligus mengingatkan bahwa di tanah Jawa atau Kabupaten Jombang pernah ada satu tokoh yang begitu dekat dengan dengan warga Papua, yakni Gus Dur.

Yenny Wahid  juga menegaskan bahwa bangsa Indonesia sangat sayang sekali kepada warga Papua.

“Makna kunjungan ke makam Gus dur ini, agar kita diingatkan kembali bahwa, kedekatan secara emosional itu ada. Papua adalah kita,” pungkasnya.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here