Ibu Kota Baru Indonesia Diputuskan di Provinsi Kalimantan Timur

0
57
Foto : Kementerian PUPR

Jakarta, namalonews.com – Lokasi ibu kota baru negara Republik Indonesia diputuskan di Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ATR Sofyan Djalil saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019).

Ibu kota baru tersebut direncanakan memiliki luas sekitar 200-300 hektar. Di dalamnya akan dibangun juga banyak taman kota.

“Banyak tamannya, orang bisa hidup sehat udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi,” jelas Sofyan.

Foto : Kementerian PUPR

Terpilihnya Kaltim menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia menyingkirkan Kalimantan Tengah yang selama ini paling santer disebut akan menggantikan Jakarta jadi ibu kota negara.

Padahal, nama Kalteng sudah digadang-gadang sejak lama mulai dari presiden pertama Indonesia, Sukarno, untuk dijadikan sebagai ibu kota negara.

Hingga saat ini memang tidak ada bukti-bukti yang berisi pernyataan Sukarno tentang Palangka Raya akan menjadi ibu kota negara. Namun pemindahan ibu kota ke Palangka Raya itu kerap disebut oleh menteri-menteri Sukarno.

Sementara itu, dosen Jurusan Arsitektur Universitas Palangka Raya, Wijanarka Arka, yang juga merupakan pakar tata kota dan penulis buku ‘Sukarno & Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya’, meyakini Sukarno mempunyai rencana besar terkait Palangka Raya.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here