Sandiaga Uno : Persoalan Ekonomi yang Menyebabkan Warga Papua Cepat Panas

0
133
Foto : straitstimes.com

Jakarta, namalonews.com – Dalam diskusi grup Instruktur Nasional PAN, di Gedung Joang ’45, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019), mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyerukan pentingnya meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

Sandi merasa prihatin melihat angka kemiskinan di Papua sangat tinggi. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), dia menyebut penduduk miskin naik sekitar 60.000 orang dari 2014 sampai 2018.

Kemiskinan ini sangat ironis mengingat Papua dan Papua Barat merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam. Oleh karena itu, menurut Sandi,  persoalan ekonomi ini menjadikan warga Papua cepat panas sehingga bisa memicu konflik.

Sandi kemudian membandingkan jumlah angka kemiskinan di Provinsi Papua yang delapan kali lipat dari Provinsi DKI Jakarta. Angka kemiskinan di Papua sekitar 28 persen, sedangkan DKI Jakarta 3,5 persen.

“Data BPS 2019 menunjukkan bahwa kemiskinan di Papua tertinggi di Indonesia, yaitu hampir 28 persen, sementara Papua Barat hampir 23 persen,” ujarnya.

Sandi menegaskan, kesejahteraan masih menjadi persoalan utama di Papua. Menurutnya, perlu ada perhatian serius. Dia yakin persoalan-persoalan di Papua bisa diselesaikan.

“Jadi Papua ini butuh perhatian kita, kita ingin rangkul, kesejahteraannya dinomorsatukan, pendidikan itu akan menjadi prioritas kita. Ini yang harus kita fokuskan ke depan,” tegas Sandi.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here