Jokowi Umumkan Lokasi Ibukota Baru : Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara

0
67
Foto : riaumandiri.co

Jakarta, namalonews.com – Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan dua wilayah Kalimantan Timur yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Republik Indonesia yang baru. Wilayah tersebut adalah sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara

“Ibu kota negara baru paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” demikian ungkap Jokowi saat konferensi pers pemindahan ibu kota baru di Istana Presiden, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Kata Jokowi, rencana memindahkan ibu kota sudah digagas sejak lama, bahkan sejak era Presiden Sukarno. Alasan pemindahan, aalah satunya adalah soal risiko bencana.

“Risiko bencana minimal, baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, tanah longsor,” ucap Jokowi.

Foto : Kementrian KUPR

Alasan lain adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah Indonesia, berdekatan dengan kota yang sudah berkembang serta sudah ada lahan yang dikuasai oleh negara.

Jokowi mengatakan pendanaan dalam pemindahan ibu kota akan menggunakan 19% dari APBN. Sedangkan sisanya adalah pendanaan dari investasi swasta dan BUMN.

Kebutuhannya dana untuk pemindahan ibu kota baru ini, lanjut Jokowi membutuhkan dana sekitar Rp 466 triliun. Sebanyak 19%- nya akan berasal dari APBN dan sisanya  dari KPBU dan investasi swasta.

Dana Rp 466 triliun tersebut di antaranya akan digunakan untuk pembangunan sejumlah gedung, seperti gedung legislatif, yudikatif, dan eksekutif, serta istana negara dan bangunan strategis TNI/Polri.

Berikutnya adalah untuk menyediakan fungsi pendukung, meliputi rumah dinas untuk ASN dan TNI/Polri, sarana pendidikan seperti gedung sekolah dan perguruan tinggi, sarana kesehatan dan lembaga pemasyarakatan.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here