Kasus Pembunuhan di Cina Terungkap Berkat Teknologi Deteksi Wajah

0
59
Ilustrasi : Engadget

Jakarta, namalonews.com – Kemajuan teknologi yang begitu cepat saat ini memberikan manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari, termasuk mengungkap kasus pembunuhan.

Sebuah peristiwa terjadi di Xiamen, Cina, beberapa waktu lalu. Sistem pendeteksi wajah pada sebuah aplikasi telah membantu polisi dalam menemukan seorang pembunuh.

Seperti dikutip dari South Morning Post, Senin (26/8/2019), seorang pria berusia 29 tahun telah diduga membunuh sang pacar karena persoalan uang.

Setelah melakukan pembunuhan terhadap pacarnya, pria ini kemudian menggunakan identitas sang pacar untuk melakukan peminjaman uang melalui aplikasi Money Station.

Untuk mengakses aplikasi ini pengguna diharuskan memindai wajah sambil berkedip selama proses persetujuan tersebut. Karena pelaku menggunakan wajah pacarnya yang sudah tewas terbunuh, maka proses tersebut gagal dilakukan.

Si pria ini mulai dicurigai, apalagi suaranya yang bukan suara wanita melainkan suara pria. Setelah verifikasi gagal, para pekerja di perusahaan kemudian secara manual memeriksanya.

Melalui foto terlihat bahwa perempuan itu memiliki memar dengan tanda merah di lehernya. Perusahaan tersebut pun melaporkan temuan mencurigakan tersebut ke pihak berwajib yang akhirnya berhasil melacak keberadaan tersangka.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here