Setnov Ajukan PK, Maqdir : Ada Tiga Alasan Pengajuan

0
29
Foto : inews.id

Jakarta, namalonews.com – Terpidana korupsi proyek e-KTP Setya Novanto mengajukan Peninjauan Kembali (PK). Alasannya, Novanto menilai adanya pertentangan dalam putusan hakim.

“Iya betul betul (ajukan PK), jadi kia mulai sidang hari ini,” ungkap pengacara Novanto, Maqdir Ismail, Rabu (28/8/2019).

Sidang pembacaan novum PK Novanto akan dibacakan hari ini di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Rencananya, Novanto akan hadir di persidangan.

Maqdir mengatakan alasan Novanto mengajukan PK karena tiga hal. Tiga hal itu menurutnya telah terpenuhi sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Pertama karena ada novum, kedua kita melihat ada pertentangan putusan dengan yang lain, ketiga ada kekhilafan hakim. Jadi, tiga itu tiga hal yang disebut undang-undang terpenuhi, menurut hemat kami. Ketiga-tiganya terpenuhi, sehingga kita ajukan permohonan PK,” sambung Maqdir.

Maqdir sendiri berharap hakim nanti akan memutus bebas Novanto. Sebab, menurut mereka dakwaan yang dinyatakan terbukti oleh hakim pada tingkat pertama itu tak terbukti dan salah.

“(Harapannya) bebas lah, kita menyatakan bahwa dakwaan itu tidak terbukti, dan dakwaan yang dianggap terbukti itu dakwaan yang salah,” harap Maqdir.

Seperti diketahui, Novanto divonis hakim PN Tipikor dengan hukuman pidana penjara selama 15 tahun dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Novanto dinyatakan terbukti mengintervensi proses penganggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam proyek e-KTP.

Penulis : Muhammad Rizal Rumra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here