Darurat Kabut Asap di Riau, Jokowi Gelar Salat Minta Hujan

0
88
Foto : Andhika Prasetia/detikcom

Jakarta, namalonews.com – Provinsi Riau dinyatakan siaga darurat asap karena kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Presiden Jokowi melaksanakan salat istisqa atau salat meminta hujan di Masjid Amrullah Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Selasa 17 September 2019.

Hal ini dilakukan untuk memohon diturunkannya hujan guna menghilangkan kabut asap yang menyelimuti Provinsi Riau akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Jokowi tiba di masjid lebih dahulu melaksanakan salat tahiyatul masjid. Setelah itu, pengurus masjid
menyampaikan cara pelaksanaan salat istisqa. Salat dilaksanakan 2 rakaat, di mana pada rakaat pertama dilakukan 7 takbir dan 5 takbir pada rakaat kedua.

Jokowi bersama jemaah lainnya melaksanakan salat istisqa berjamaah. Para pejabat yang hadir antara lain Menko Polhukam Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo.

Setelah salat, Jokowi diagendakan meninjau titik-titik karhutla di Merbau dan Kampar. Hal ini merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas yang digelar kemarin malam.

Setelah rapat, Wiranto menjelaskan langkah-langkah penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau dengan hujan buatan. Karena saat ini, Riau masih mengalami musim kemarau.

Penulis : Murdian Cahyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here