Ilmuwan ITM Ungkap Material Terhitam di Dunia

0
56
Foto : Institusi Teknologi Massachussets

Jakarta, namalonews.com – Dark matter atau materi hitam, sering ada di film fiksi ilmiah, namun ini bukan benda khayalan, ilmuwan di Amerika menciptakan material paling hitam di dunia.

Ilmuwan Institusi Teknologi Massachusetts (ITM) mengungkap material hitam, paling hitam yang pernah diproduksi. Material yang tak disebut namanya ini 10 kali lipat lebih hitam dari benda sejenis yang pernah ada.

ITM menyebut materi terhitam itu bisa menangkap lebih dari 99,9% cahaya. Mereka membuatnya dari nanotubes, bagian kecil dari karbon yang 50 ribu kali lebih kecil dibandingkan lebar rambut manusia.

Apa gunanya? Misalnya untuk karya seni atau membantu teleskop antariksa menemukan galaksi yang jauh dengan memfilter cahaya yang mungkin menghalangi lensa.

“Ada aplikasi optikal maupun sains untuk material yang sangat hitam dan tentu saja seniman juga selalu tertarik pada warna hitam,” sebut Brian Wardle, akademisi dari ITM, Rabu (18/9/2019).

Untuk mengujinya, mereka melapisi berlian 16 karat dengan materi tersebut. Biasanya berwarna kuning berkilauan, berlian tersebut benar-benar seakan lenyap.

“Material kami ini 10 kali lebih hitam dari apapun yang sudah dilaporkan sebelumnya. Setiap obyek yang dilapisi dengan material ini menjadi tampak datar, menjadi siluet hitam,” ucap Diemut Strebe, seniman yang berkolaborasi dengan ITM, Rabu (18/9/2019).

Tim ITM meyakini di masa depan, akan ada ilmuwan lain yang menemukan materi yang lebih hitam lagi. Diharapkan materi semacam ini akan lebih bisa dipahami dan manfaatnya diimplementasikan.

Penulis : Muhammad Rizal Rumra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here