DPR dan Senat AS Blokir Penjualan Senjata ke Saudi dan UEA

0
786
Foto : nbcnews.com

Jakarta, namalonews.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS), Nancy Pelosi mengecam rencana pemerintahan Presiden AS, Donald Trump untuk mengerahkan pasukan dan peralatan militer ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Pelosi menyebut, pemerintahan Trump tutup mata atas apa yang dia sebut kekejaman Saudi di Yaman.

“Rencana Trump untuk mempercepat pengiriman peralatan militer ke Saudi dan UEA, dan untuk mengerahkan pasukan AS tambahan ke wilayah tersebut adalah upaya keterlaluan terbaru oleh administrasi Trump untuk menghindari kehendak bipartisan, kehendak Kongres. Tindakan yang tidak dapat diterima ini menyebabkan kekhawatiran,” jelas Pelosi, Senin (23/9/2019).

Pelosi, seperti dikutip dari laman resminya yakni speaker.gov pada Senin (23/9), mengatakan musim panas ini, DPR dan Senat AS mengeluarkan Resolusi Penolakan bipartisan untuk memblokir penjualan senjata ke Saudi dan UEA serta mengutuk Saudi karena serangan mereka yang terus menerus terhadap pria, wanita dan anak-anak yang tak terhitung jumlahnya.

Dia menyebut orang-orang Amerika sudah sangat lelah dengan perang, dan tidak tertarik memasuki konflik Timur Tengah lainnya, khususnya atas nama Saudi.

“Mereka tidak akan berdiri, sementara Presiden merusak keamanan kita dan membahayakan nyawa prajurit kita yang berani. Kongres akan melakukan tugas kita untuk menegakkan Konstitusi, membela keamanan nasional kita dan melindungi rakyat Amerika,” ucap Pelosi.

“Sekali lagi, Trump menutup mata terhadap kekerasan berkelanjutan Arab Saudi terhadap Yaman yang tidak bersalah, serta pembunuhan yang mengerikan terhadap jurnalis Jamal Khashoggi dan pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia, yang mewakili krisis moral dan kemanusiaan. AS tidak bisa membiarkan lebih banyak kebrutalan dan pertumpahan darah terjadi,” sambung Pelosi.

Penulis : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here